Skip to main content

Cara membuat kripik singkong, gurih dan renyah

Assalamualaikum bunda..
Selamat pagi ya...

Dapur cahaya kali ini akan menyajikan resek kripik pisang renyah dan gurih. Masih terlihat putih tapi sudah sangat renyah.

Sering kan kita jumpai kripik singkong yg putih, tp terasa renyah dan enak.
Tidak kecoklatan atau terkadang hampir gosong baru terasa renyah.
Langsung ajah ya bunda kita siapkan bahan bahannya...

Bahan bahan
1. Singkong jangan yg terlalu besar, jangan juga yang terlalu kecil bunda
2. Air untuk mencuci
3. Soda kue
4. Bumbu penyedap rasa

Cara membuat
1. Kupas singkong hingga terlepas semua kulitnya, cuci bersih
2. Iris tipis, irisan langsung masukkan kedalam air yg sudah di campur dengan soda kue. ( 1 liter air, 1 sendok teh soda kue)
3. Iris hingga selesai semua singkong.
4. Biarkan kurang lebih 30 menit, cuci bersih, tirisjan di tempat yg jarang ( jawa, irik) sambil di siwir siwir agar tidak saling menempel.
5. Siapkan minyak dalam penggorengan hingga minyak benar2 panas (  sampai minyak mengeluarkan uap dari wajannya ya bunda)
6. Setelah minyak benar2 panas, masukkan irisan kripik singkong, posisi pusang jangan padat dan himpit himpitan ya bunda, harus longgar dan bebas berenang irisan pisangnya di dalam minyak... ( emangnya ikan koq berenang hehehe...)
7. Aduk pelan pelan tapi sering ya bunda, jika pinggirnya sdh terlihat menguning, walo bagian tengahnya masih terlihat putih, Angkat bunda, dan tiriskan.

Goreng sampai irisan habis ya bunda....

Masukkan kripik singkong ke dalam plastik, taburkan bumbu instan, boleh masako, royko, balado, atau yg bunda suka, kocok pelan...!
Selesai bunda

SAJIKAN...!!!!

Sekamat mencoba...
Semoga bermanfaat dan berkah...! Amiiiiin...!



Kripik singkong gurih dan renyah.


Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat kue dapros khas jawa barat

Kue dapros adalah kue yg berbentuk bunga mawar, kue khas jawa barat, bentuknya indah, rasanya gurih, renyah. Berbahan dasar tepung beras, kue dapros masih di buat secara manual dengan menggunakan tangan, terutama jempol tangan yang sangat berperan. Pasti sudah tau kan bunda dengan kue dapros, bagaimana cara membuatnya. Cara membuat kue dapros  Bahan bahan 1. 300 gr tepung beras 2. 100 gram tepung tapioka 3. Air secukupnya 4. Garam 5. Penyedap rasa 6. Pewarna makanan Bumbu yang dihaluskan 1. 1 sendok teh Ketumbar 2. 4 siung Bawang putih 3. 3 butir Kemiri Cara membuat 1. Campurkan tepung beras dan tepung tapioka,  dan semua bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan garam dan penyedap rasa, pewarna makanan secukupnya. 2. Aduk rata antara tepung beras, tepung tapioka dan bumbu, masukkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga berbentuk pastel. Jangan terlalu benyek ya bunda. 3. Setelah adonan berbentuk pastel, ambil sebesar bulatan bakso ug berukuran sedang, mul

Cara membuat manggleng singkong

Assalamualaikum bunda.... Kali ini dapur cahaya akan menuliskan resep manggleng dari singkong bunda. Tau kan manggleng bund, yg enak, renyak, dan unik. Makanan ringan dari jawa tengah, kebetulan nenek dulu sering buat manggleng dan saya sangat suka bunda. Tetapi terkadang kita buat keras , tidak renyah. Nah...!! Resep nenek sy bisa sangat renyah bunda... Yuuuk kita buat Siapkan bahan bahannya bund Bahan bahan 1. Singkong ukuran sedang 2. Air untuk merebus 3. Minyak goreng 4. Simas Cara membuat 1. Kupas singkong, cuci hingga bersih, potong potong dgn ukuran 5cm atau 7 cm 2. Rebus potongan singkong dg air yg dicampur dgn sedikit simas. ( 2 liter air, 1 ujung sendok teh) 3. Angkat setelah matang, tiriskan, diamkan hingga dingin 4. Iris tipis rebusan singkong, lalu jemur hingga kering, harus benar benar kering ya bunda, agar renyah dan tahan lsma jika untuk disimpan. 5. Siapkan minyak goreng, panaskan...! Dan goreng irisan dingkong tebus yang sudah dijemur (manggleng),

Cara membuat kripik sukun renyah tanpa kapur sirih

Assalamualaikum bunda bunda cantik Ketemu lagi ya dengan cahaya Kali ini saya akan tulis cara membuat kripik sukun yang renyah, Buah sukun bentuknya bulat seperti buah kluwih, pohonnya juga mirip seperti kluwih. Ada aneka ragam olahan sukun, bakwan sukun, bolu sukun, donat sukun, dan aneka yg lainnya. Tapi kali ini cahaya akan tuliskan resep membuat kripik sukun Cara membuat kripik sukun renyah dan gurih tanpa kapur sirih Bahan bahan 1 butir sukun tua Minyak goreng Garam secukupnya 1 sendok teh soda kue Cara membuat * Kupas sukun dari kulitnya, belah jadi 2 bagian, buang bagian tengah yg keras, lalu iris tipis tipis, * Rendam irisan sukun dengan air soda kue  sekitar 1 jam. Setelah itu tiriskan, cuci bersih tiriskan. * Siapkan minyak goreng di atas api sedang, masukan irisan sukun ke dalam minyak panas, yg benar benar benar panas ya bunda, setelah irisan sukun layu, masukkan air garam 1 sendok makan. Aduk hingga sukun berwarna kuning kecoklatan dan kering. Siap di